Langsung ke konten utama

TUGAS 1 - PEMOGRAMAN BERBASIS OBJEK (Chapter 8 Classes and Objects: A Deeper Look)

Chapter 8 - Classes and Objects: A Deeper Look


8.1 Time Class Case Study

Pada contoh awal ini, terdapat 2 class, yaitu Time1 dan Time1Test. Class Time1 menunjukkan waktu dalam 1 hari dengan format 24 jam, sedangkan pada kelas Time1Test merupakan pengaplikasian di mana metode utama membuat satu objek kelas Time1 dan memanggil metodenya. Karena kelas-kelas tersebut termasuk kedalam Public Class atau bukan privatemaka kelas-kelas tersebut harus dideklarasikan masing-masing atau secara terpisah. 

Source Code : "Time1"

8.2 Time1 object used in an application

Source Code : "Time1Test"


Dari kedua program diatas, apabila dijalankan maka akan mendapatkan output seperti berikut :


8.3 Controlling Access to Members

Pengubah akses publik dan pribadi mengontrol akses ke variabel dan metode kelas. Tujuan utama dari metode publik adalah untuk menyajikan pandangan kepada klien kelas dari layanan yang disediakan kelas (antarmuka publik kelas). Klien tidak perlu khawatir dengan cara kelas menyelesaikan tugasnya. Untuk alasan ini, variabel private dan metode private tidak dapat diakses oleh kliennya. Dalam program ini juga diambil dari source code dari langkah pertama yaitu Time1.

Source Code : 


Apabila Program diatas dijalankan, maka terdapat suatu pesan pada compiler yang menandakan atau menunjukkan error, contoh error messages dapat dilihat seperti berikut :


8.4 Referring to the Current Object’s Members with the this Reference

Setiap objek dapat mengakses reference ke dirinya sendiri dengan kata kunci this (terkadang disebut this reference). Ketika metode non-statis dipanggil untuk objek tertentu, isi metode secara implisit menggunakan kata kunci this untuk merujuk ke variabel instance objek dan metode lainnya. Jadi, ini memungkinkan kode kelas untuk mengetahui objek mana yang harus dimanipulasi.

Source Code :


Output :



8.5 Time Class Case Study: Overloaded Constructors

Seperti yang Anda ketahui, Anda dapat mendeklarasikan Contstructor Anda sendiri untuk menentukan bagaimana objek kelas seharusnya diinisialisasi. Selanjutnya, kami mendemonstrasikan kelas dengan beberapa overloades constructors yang memungkinkan objek kelas tersebut dapat diinisialisasi dengan cara yang berbeda. Untuk membebani Construktor, cukup menyediakan beberapa deklarasi konstruktor dengan Signature yang berbeda.

Source Code : 


8.6 Overloaded Constructors used to initialize Time2 Objects

Souce Code :

Apabila Program diatas digabungkan dan dijalankan dengan program sebelumnya pada Fig 8.5 maka didapatkan hasil sebagai berikut :
Output : 




Sumber : Buku Java Deitel : "How To Program" - Ninth Edition

Program Konversi Mata Uang
Berikut adalah contoh program menggunakan bahasa pemograman Java untuk mengkonversi mata uang Rupiah ke mata uang lainnya seperti USD(United States Dollar), EUR(Euro), JPY(Japanese Yen), dan SGD (Singapore Dollar).


Apabila program diatas dijalankan, maka didapatkan output sebagai berikut:



Nama : Migel Aulia Mandiri Putra
NRP   : 05111940000194
Kelas  : PBO - A







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 5 - Website Berita

  Website Berita Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan contoh website yang saya buat, yaitu website berita yang terdapat menu login dan contact. Dimana dalam pembuatan website ini menggunakan HTML, CSS, dan Bootstrap. yang didalamnya terdapat form dan juga validasi nya menggunakan JAVASCRIPT Berikut adalah bentuk atau tampilan dari websitenya : Berikut adalah Tampilan Contact dan Login Berikut adalah Source Code dalam pembuatan website diatas: Source code : Index.html Contact.html Login.html Sekian Penjelasan dari saya, Terima Kasih Nama : Migel Aulia Mandiri Putra NRP   : 05111940000194 Kelas : PWEB-A

Final Project PBO A

FINAL PROJECT - GAME SOKOBAN Tampilan awal dari game Sokoban Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan proses atau langkah- langkah dalam pembuatan game ini, game ini memiliki nama Sokoban, game ini dibuat oleh Ikhlasul Amal Rivel - 05111940000145 Migel Aulia Mandiri Putra - 05111940000194      Sokoban sendiri merupkan game lama, yang biasanya terdapat pada hp-hp nokia. Game sokoban sendiri memiliki cara bermain yaitu terdapat sebuah karakter yang mana karakter ini memiliki tugas atau misi  untuk memasukkan atau meletakkan box dengan cara didorong ke tempat yg sudah ditandai, tidak hanya itu dalam game sokoban ini juga terdapat rintangan rintangan yang akan membuat game ini lebih susah, sehingga game ini sangat dibutuhkan kejelian dan pemikiran yang cukup rumit.       Pada game ini  kami membuatnya menjadi 3 level, selain itu dalam pembuatan game ini dibutuhkan Class sebanyak 9, dalam pembuatan game Sokoban ini kami mengerjakannya mengg...

EAS PWEB A 2021

EAS PWEB A 2021 Berikut adalah Jawaban dari EAS PWEB : 1. Definisikan Fitur 2. Rancang Aplikasi melalui Figma, Disini saya merancang halaman Login, Register, dan Lupa Kata sandi yang dapat digunakan oleh guru, siwa, dan orang tua. dan juga saya juga membuat tampilan admin yaitu untuk mengelola data siswa. berikut tampillannya Tampilan Admin - Management Data Siswa : Tampilan Login - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : Tampilan Register - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : Tampilan Lupa Sandi - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : 3. Implementasi Source Code Dalam implementasi ke source code, kami mengerjakan secara berkelompok yaitu yg beranggotakan: 1. A. Zidan Abdillah 05111940000070 2. Yusuf Anfasya 05111940000077 3. Migel Aulia Mandiri Putra 05111940000194 Link : Video Dokumentasi - Youtube  atau dapat dilihat dibawah ini Source Code Video : Tampilan : Halaman Portal : Halaman Login Siswa: Halaman Home Siswa: Halaman Jadwal Siswa: Halaman Rekap Siswa: Halaman Exam Siswa: Halaman Pertanyaan...