Langsung ke konten utama

TUGAS 6 - Pemograman GUI : Image Viewer

PEMOGRAMAN GUI : IMAGE VIEWER MENGGUNAKAN JAVA

Pada postingan kali ini, saya akan membahas aplikasi image viewer, pada program aplikasi ini berfungsi untuk membuka gambar dan menampilkannya yang nantinya terdapat filter-filter yang digunakan dalam pengeditan gambar tersebut. Dalam program aplikasi ini, terdapat hal hal yang diperlukan saat pengembangan aplikasi dengan basis GUI atau disebut Graphical User Interface

Defini GUI atau Graphical Interface

GUI adalah singkatan dari Graphical User Interface. GUI merupakan desain aplikasi dengan tampilan visual sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi. The Java Foundation Class (JFC), merupakan bagian penting dari Java SDK, yang termasuk dalam koleksi dari API dimana dapat mempermudah pengembangan aplikasi JAVA GUI. JFC termasuk diantara 5 bagian utama dari API yaitu AWT dan Swing. 

Tiga bagian yang lainnya dari API adalah Java2D, Accessibility, dan Drag dan Drop. Semua itu membantu pengembang dalam mendesain dan mengimplementasikan aplikasi visual yang lebih baik.

Dalam pembuatan program ini, dibutuhkan 4 Class, yaitu
  1. ImageViewer merupakan kelas utama atau main class pada program ini, fungsi class ini yaitu menampilkan aplikasi GUI dan tampilan awal apllikasi
  2. ImageFileManager merupakan sub class pada program ini, fungsi class ini adalah menyimpan dan menampilkan gambar (format jpg dan png)
  3. ImagePanel , class ini merupakan componen swing yang berfungsi untuk menampilkan gamber OF (Object First)
  4. OFImage merupakan sub class pada program ini, fungsi class ini yaitu mendifinisakan gambar dalam OF (Object First)




ImageViewer

--> Kelas utama atau main class pada program ini, fungsi class ini yaitu menampilkan aplikasi GUI dan tampilan awal apllikasi
Source Code :

ImageFileManager

--> Sub class pada program ini, fungsi class ini adalah menyimpan dan menampilkan gambar (format jpg dan png)
Source Code :

ImagePanel

--> Class ini merupakan componen swing yang berfungsi untuk menampilkan gamber OF (Object First)
Source Code :

OFImage

--> Sub class pada program ini, fungsi class ini yaitu mendifinisakan gambar dalam OF (Object First)
Source Code :

Apabila keempat class diatas sudah dibuat, dan dirun pada class ImageViewer maka akan ditampilkan tampilan awal aplikasi ImageViewer seperti berikut :


Karena belum ada gambar atau file yang dipilih maka terdapat tampilan "No File Displayed", sehingga untuk memasukkan gambar ikuti langkah berikut
  1. Buka File
  2. Pilih Open dan Pilih File yang sudah disiapkan

  3. Dan berikut tampilan apabila sudah memilih file/gambar
  4. Apabila Ingin Menerapkan Filter, Maka Klik opsi filter di pojok kanan atas




Berikut Tampilan apabila menerapkan filter

1. Filter Darker 


2. Filter Lighter


3. Filter Threshold



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nama : Migel Aulia Mandiri Putra
Kelas  : PBO - A
NRP   : 05111940000194











Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 5 - Website Berita

  Website Berita Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan contoh website yang saya buat, yaitu website berita yang terdapat menu login dan contact. Dimana dalam pembuatan website ini menggunakan HTML, CSS, dan Bootstrap. yang didalamnya terdapat form dan juga validasi nya menggunakan JAVASCRIPT Berikut adalah bentuk atau tampilan dari websitenya : Berikut adalah Tampilan Contact dan Login Berikut adalah Source Code dalam pembuatan website diatas: Source code : Index.html Contact.html Login.html Sekian Penjelasan dari saya, Terima Kasih Nama : Migel Aulia Mandiri Putra NRP   : 05111940000194 Kelas : PWEB-A

Final Project PBO A

FINAL PROJECT - GAME SOKOBAN Tampilan awal dari game Sokoban Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan proses atau langkah- langkah dalam pembuatan game ini, game ini memiliki nama Sokoban, game ini dibuat oleh Ikhlasul Amal Rivel - 05111940000145 Migel Aulia Mandiri Putra - 05111940000194      Sokoban sendiri merupkan game lama, yang biasanya terdapat pada hp-hp nokia. Game sokoban sendiri memiliki cara bermain yaitu terdapat sebuah karakter yang mana karakter ini memiliki tugas atau misi  untuk memasukkan atau meletakkan box dengan cara didorong ke tempat yg sudah ditandai, tidak hanya itu dalam game sokoban ini juga terdapat rintangan rintangan yang akan membuat game ini lebih susah, sehingga game ini sangat dibutuhkan kejelian dan pemikiran yang cukup rumit.       Pada game ini  kami membuatnya menjadi 3 level, selain itu dalam pembuatan game ini dibutuhkan Class sebanyak 9, dalam pembuatan game Sokoban ini kami mengerjakannya mengg...

EAS PWEB A 2021

EAS PWEB A 2021 Berikut adalah Jawaban dari EAS PWEB : 1. Definisikan Fitur 2. Rancang Aplikasi melalui Figma, Disini saya merancang halaman Login, Register, dan Lupa Kata sandi yang dapat digunakan oleh guru, siwa, dan orang tua. dan juga saya juga membuat tampilan admin yaitu untuk mengelola data siswa. berikut tampillannya Tampilan Admin - Management Data Siswa : Tampilan Login - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : Tampilan Register - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : Tampilan Lupa Sandi - Admin, Guru, Siswa, Orang Tua : 3. Implementasi Source Code Dalam implementasi ke source code, kami mengerjakan secara berkelompok yaitu yg beranggotakan: 1. A. Zidan Abdillah 05111940000070 2. Yusuf Anfasya 05111940000077 3. Migel Aulia Mandiri Putra 05111940000194 Link : Video Dokumentasi - Youtube  atau dapat dilihat dibawah ini Source Code Video : Tampilan : Halaman Portal : Halaman Login Siswa: Halaman Home Siswa: Halaman Jadwal Siswa: Halaman Rekap Siswa: Halaman Exam Siswa: Halaman Pertanyaan...